TUGAS PROPOSAL

Posted: Oktober 23, 2011 in Uncategorized

NAMA       : ADE KARSADI

NIM           : 224309091

 

B A B  I

 

PENDAHULUAN

 

I. I.    Latar Belakang Masalah

 

Perkembangan teknologi komputer dewasa ini semakin pesat terutama di bidang soft ware (aplikasi program) hal ini sangat membantu dalam pelaksanaan pekerjaan yang bersifat administrasi berupa pengerjaan data base dapat diselesaikan dengan mudah, cepat dan singkat. Hal ini sangat membantu suatu organisasi dalam memberikan informasi dan data yang akurat serta terkini agar fungsi dari organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai visi dan misinya.

Dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia. Nomor 42 Tahun 2000, maka Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), dimana STIP adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Badan Pendidikan dan  Pelatihan Departemen Perhubungan. Dengan adanya perubahan tersebut maka terjadi pengembangan organisasi dari 1 (satu) Bagian membawahi 3 (tiga) Subbagian, 2 (dua) Bidang membawahi 6 (enam). Subbidang dan 1 (satu) Unit Fungsional (PMM) menjadi 2 (dua) Bagian membawahi 8 (delapan) Subbagian dan 19 (sembilan belas) Unit Fungsional. Dengan adanya pengembangan organisasi tersebut perlu dilakukan persiapan dan penataan kembali antara lain dengan menyiapkan suatu sistem informasi tentang sumber daya manusia yang ada, sehingga dapat mengetahui apakah sumber daya manusia yang ada sudah cukup atau perlu dilakukan pengadaan dan penambahan agar tujuan dari STIP dapat tercapai dan sesuai dengan fungsinya.

Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian adalah salah satu unsur dari STIP yang merupakan bagian pengelola kepegawaian dengan jumlah pegawai sebanyak 248 tentunya memerlukan program yang dapat membantu dibidang kepegawaian agar tujuan dan fungsinya dapat dicapai dengan efektif dan efisien, salah satunya adalah Sistem Informasi Sumber Daya Manusia.

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia mempunyai dua tujuan  dalam pengorganisasian yaitu  berhubungan dengan informasi pegawai dan efisiensi administrasi. Sistem informasi sumber daya manusia yang ada pada Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta merupakan sistem informasi yang dapat menyajikan data pribadi (Bio Data), Data tentang kemampuan, Data tentang perkembangan karier, Data kesehatan fisik, Catatan kehidupan keluarga, Dafar Urut Kepangkatan, Daftar Nominatif, Rencana yang akan naik gaji berkala, Naik pangkat, dan pensiun.

Untuk itu tujuan dan strategi organisasi dari suatu instansi menjadi dasar dari perencanaan sumberdaya manusia dimana proses analis dan identifikasi kebutuhan akan sumberdaya manusia dapat dipenuhi. Penilaian akan kebutuhan sumber daya manusia dan sumber pengadaan secara eksternal dan internal harus segera dilaksanakan dan diperkirakan. Untuk penilaian sumber daya manusia internal adalah memiliki informasi yang baik, dimana dapat diakses melalui sistem informasi sumber daya manusia.

Dengan kondisi seperti itu mengharuskan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) untuk melakukan pembinaan karier bagi pegawainya, yang harus dilaksanakan secara berencana dan berkelanjutan. Pembinaan karier sebagai salah satu kegiatan manajemen sumber daya manusia harus dilaksanakan sebagai kegiatan formal yang dilakukan secara terintegrasi dengan kegiatan manajemen sumber daya manusia lainnya.

Pembinaan karier tidak dapat dilepaskan dengan kegiatan perencanaan SDM, rekruitmen dan seleksi dalam rangka pengaturan staf. Dari kegiatan-kegiatan manajemen sumber daya manusia tersebut, harus diperoleh sejumlah pegawai yang potensial dengan kualitas terbaik. Pegawai seperti itulah yang harus diberi kesempatan untuk mengembangkan kariernya agar kemampuannya terus meningkat.

Untuk mencari SDM yang potensial tentunya harus memiliki informasi pegawai, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dapat digunakan untuk memilih pegawai yang akan dipromosikan pada posisi yang lebih tinggi ataupun ditingkatkan pendidikan atau keterampilannya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 sebagai mana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian pada pasal 34 ayat 2 mengatakan bahwa Badan kepegawaian negara menyelenggarakan manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mencakup perencanaan, pengembangan kualitas sumber daya pegawai negeri sipil dan administrasi kepegawaian, pengawasan dan pengendalian, penyelenggaraan dan pemeliharaan informasi kepegawaian, mendukung perumusan kebijaksanaan kesejahteraan PNS serta memberikan bimbingan teknis kepada unit organisasi yang menangani kepegawaian pada instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama mengadakan pra penelitian di STIP terlihat bahwa Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM) sangat membantu di dalam perencanaan pegawai baik untuk  pengembangan karier pegawai maupun pengadaan pegawai, namun Sistem Informasi Sumber Daya Manusia belum optimal pelaksanaannya. Hal ini dapat dilihat dari sistem informasi yang belum tersusun dengan baik, sehingga terjadi kesalahan-kesalahan informasi yang diberikan. Sehingga hal ini mengakibatkan pelaksanaan Sistem Informasi umber daya Manusia terganggu dan terhambat dengan arus informasi yang kurang lancar. Akibatnya perencanaan pengembangan karier pegawai tidak dapat secara maksimal dijalankan.

Bertolak dari uraian di atas maka yang menjadi perhatian utama adalah penggunaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia terhadap pengembangan karier pegawai pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui dan mengkaji Sistem Informasi Sumber Daya Manusia terhadap pengembangan karier pegawai dengan mengambil judul, “HUBUNGAN ANTARA SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENGEMBANGAN KARIER PEGAWAI PADA SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN (STIP) JAKARTA”.

 

1.2      Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dilihat ruang lingkup permasalahan mengenai Pelaksanaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia  dan Pengembangan Karier Pegawai di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran.

Bertitik tolak dari wacana di atas, maka ruang lingkup penelitian yang begitu luas, penulis batasi pada aspek hubungan antara sistem informasi sumber daya manusia dengan pengembangan karier pegawai pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, hal ini dilakukan mengingat adanya keterbatasan dan kendala yang dimiliki penulis dalam melakukan penelitian.

 

1.3     Pokok Permasalahan

Berdasarkan ruang lingkup dan pembatasan masalah di atas, penulis merumuskan pokok permasalahan pada penelitian ini, sebagai berikut : “Apakah Terdapat Hubungan Antara Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Pengembangan Karier Pegawai pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta ? ”

 

1.4      Tujuan dan Kegunaan Penulisan

Adapun tujuan dan kegunaan penulisan yang akan dilakukan ini adalah sebagai berikut :

1.4.1        Tujuan Penulisan

Untuk mengetahui hubungan yang ada antara Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Pengembangan Karier Pegawai pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

 

1.4.2    Kegunaan Penulisan.

1.4.2.1 Untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis mengenai Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Pengembangan Karier Pegawai.

1.4.2.2  Sebagai masukan dan sumbangan pemikiran bagi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

1.4.2.3        Dapat menambah referensi bagi pembaca yang berminat guna penelitian lebih lanjut.

 

1.5       Sistematika Penulisan

Adapun Sistematika penulisan skripsi yang berjudul “Hubungan Antara Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Pengembangan Karier Pegawai pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta” adalah sebegai berikut  :

 

BAB I                         PENDAHULUAN

Merupakan bab pembuka yang berisi tentang Latar Belakang Masalah, Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah, Pokok Permasalahan, Tujuan dan Kegunaan Penulisan, dan Sistimatika Penulisan.

BAB II                        TINJAUAN PUSTAKA

Bab kedua ini berisi landasan teori yang digunakan sebagai acuan berpikir, berupa teori-teori sistem informasi sumber daya manusia dan pengembangan karir, selain itu dijelaskan pula tentang kerangka pemikiran dan penyusunan hipotesis penelitian.

BAB III          METODOLOGI PENELITIAN

Bab ketiga ini berisi metodologi penelitian yang meliputi Metode Penelitian, Lokasi dan Waktu Penelitian, Penentuan Obyek Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, dan Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini.

BAB IV          PEMBAHASAN

Bab keempat ini berisi pembahasan lengkap mulai dari gambaran umum lokasi penelitian, yang meliputi sejarahnya, struktur organisasi dan tugas fungsi pokoknya, serta keadaan umum pegawainya, dan analisis data penelitian.

BAB V            KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini merupakan bab terakhir yang berisi kesimpulan dan saran-saran dari hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan pada bab keempat.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s